Prinsip – Prinsip Kesuksesan

Persiapan yang baik dan lengkap lebih menjamin kesuksesan dan menghindarkan kita dari semua hambatan yang mungkin menghadang kita. Begitu juga, sebelum kita memulai perjalanan menuju kesuksesan, kita harus melakukan persiapan psikologi. Persiapan psikologi yang dimaksudkan adalah prinsip – prinsip keunggulan dan kesuksesan. Prinsip keunggulan adalah dasar kesuksesan yang paling utama. Prinsip kesuksesan merupakan landasan atau fondasi atas pandangan kita terhadap hidup dan pilihan kita. Prinsip ini akan mendorong kita meuju sasaran yang telah ditetapkan. Dr. Wiliam James, Ahli Psikologi terkenal di Amerika menyatakan bahwa pada saat memulai sesuatu, prinsip kesuksesan adalah jaminan kesuksesan itu sendiri. Prinsip kesuksesan menentukan apakah kita akan bahagia atau akan sedih, sukses atau gagal. Prinsip ini menentukan arah dan masa depan kita. Ia merupakan sumber inspirasi yang kuat. Apabia anda memilih jenis prinsip kesuksesan, prinsip itu akan menentukan tindakan apa yang harus dilakukan. Untuk itu, kita harus waspada dalam memilih prinsip yang tepat dan bisa mendorong kita menuju kesuksesan. Ingatlah, apabila seseorang percaya terhadap prinsip yang dipegangnya maka tidak akan ada sesuatu yang tidak bisa dilakukannya. Beberapa prinsip dasar keunggulan dan kesuksesan itu antara lain :

  1. Semua kejadian adalah terbaik bagi kita.
  2. Kalau saya mau, saya pasti bisa.
  3. Masa lalu tidak sama dengan masa datang.
  4. Tidak ada kesuksesan yang dicapai secara gratis.
  5. Tidak ada kegagalan. Yang ada hanyalah keberhasilan yang tertunda.
  6.  Saya bertanggung jawab atas semua tindakan saya.
  7. Tidak ada sukses, tanpa pembinaan pribadi.

Kita harus berpikir ke arah positif, yabg baik dan yang sukses. Jika anda berusaha dengan gigih, peluang kesuksesan pasti ada. Hal yang paling penting anda harus mengikuti pengetahuan muktahir dan informasi terbaru untuk meningkatkan wawasan anda. Di zaman yang serba instan dan bergerak semakin cepat ini, semua orang ini mencari jalan singkat untuk menuju sukses . Sebenarnya tidak ada jalan singkat untuk menuju kesuksesan. Faktanya, tidak ada jalan pintas menuju sukses dan sukses itu harus dicapai selangkah demi selangkah.

Di zaman yang serba instan dan bergerak semakin cepat ini, semua orang ingin mencari jalan yang singkat untuk menunju sukses. Sebenarnya tidak ada jalan singkat untuk kesuksesan. Faktanya, tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Sukses harus dicapai selangkah demi selangkah tetapi karena perubahan zaman yang pesat, banyak sarana pendukung disertai informasi yang dapat dikumpulkan dengan mudah, maka untuk mencapai sukses, waktu pencapaiannya bisa lebih cepat.

Di zaman yang serba instan dan bergerak semakin cepat ini, semua orang ingin mencari jalan yang singkat untuk menunju sukses. Sebenarnya tidak ada jalan singkat untuk kesuksesan. Faktanya, tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Sukses harus dicapai selangkah demi selangkah tetapi karena perubahan zaman yang pesat, banyak sarana pendukung disertai informasi yang dapat dikumpulkan dengan mudah, maka untuk mencapai sukses, waktu pencapaiannya bisa lebih cepat.

Saya yakin dengan dukungan sarana telekomunikasi berupa handphone dan internet, penerbangan yang murah untuk menjangkau jarak yang jauhnya ribuan mil, penggunaan sarana transaksi jarak jauh, adanya bantuan lembaga-lembaga perbankan dan dukungan finansial yang semakin mudah, maka seseorang akan mampu mencapai target-target bisnisnya dengan angka-angka bisnis yang besar nilainya dalam waktu singkat. Jika sepuluh tahun atau lima belas tahun yang lalu kita hanya dapat menawarkan produk kepada orang lain dengan jangkauan lokasi dan waktu yang sangat terbatas, maka saat ini dengan hanya sekali klik, promosi anda sudah dapat diakses secara online oleh jutaan orang melalui e-mail. Profil prodik anda atau jasa jasa anda, spesifikasi teknisnya, cara pembayaran dan harga diskonnya, dan sebagainya, semua tampak di layar. Beberapa dekade yang lalu orang masih kesulitan bagaimana membeli saham suatu perusahaan, maka asal perusahaan itu go public dan listed, maka saat ini hanya dengan tidur-tiduran di rumah, anda dapat memantau “pergerakan” pialang saham anda bekerja untuk anda. Selain itu untuk membayar atau menerima pembayaran dahulu orang harus antri ke bank dengan suasana yang kadang pengap dan kurang tertib, maka saat ini anda hanya cukup bermain sms, segalanya beres. Dahulu orang pergi haji harus naik kapal laut yang memakan waktu hingga berbulan-bulan, faktanya sekarang banyak biro perjalanan haji yang menawarkan hanya dalam waktu seminggu, tanpa mengurangi rukun dan syarat haji yang sah. Saat ini masalah waktu, lokasi dan semua sarana transaksi sudah bukan lagi menjadi kendala, apa lagi yang menghalangi anak muda untuk mencapai puncak kesuksesan dan kejayaan ?
Sebagai bagian dari alam, kita semua dipengaruhi oleh hukum-hukum alam yang memang ada. Barang siapa yang hidup mengikuti atau sesuai dangan hukum-hukum alam ini, maka kita akan akan merasa tenang, senang, dan bahagia. Sebaliknya, orang yang mencoban melawan atau menentang hukum-hukum alam akan hidup dalam kegelisahan, tekanan, dan penuh kegagalan. Untuk itu kita harus mengetahui dan mencoba untuk menyesuaikan diri terhadap hukum-hukum ini agar hidup kita lebih sehat, kaya, dan bahagia. Terdapat 5 hukum alam yang paling penting, yaitu

1. Hukum Sebab-Akibat
Hukum ini memberi tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup kita, baik dari segi material maupun non-material, pasti ada asal usulnya. Ia tidak akan terhadi begitu saja. Contohnya, jika seseorang jatuh sakit, itu pasti ada penyebabnya. Orang itu miskin juga pasti ada asal-usulnya. Dengan kata lain, kita harus selalu waspada pada semua pemikiran, perasaan, dan tindakan kita, karena semua ini bisa membuat kita jatuh sakit, bangkrut, dan gagal. Ingat, pemikiran adalah penyebabnya, sedangkan lingkungan yang terjadi adalah akibatnya. Ini sejalan dengan ajaran islam, bahwa Allah SWT akan mengikuti yang manusia sangkakan kepadanya. Apabila ia berpikir bahwa Allah SWT akan menolongnya, maka pasti ia akan ditolong. Sedangkan apabila ia berprasangka buruk terhadap takdir Allah, maka itu pula yang terjadi.

2. Hukum Tarik-Menarik
Sebenarnya setiap orang adalah magnet kuat yang dapat menarik orang-orang yang berpikiran sama denganya. Positif akan menarik positif dan negatif akan menarik negatif. Maka, jika anda ingin sukses, berpikirlah positif tentang sukses terlebih dahulu, maka banyak orang yang berpikiran sama dan datang kepada anda untuk membantu anda mencapai kesuksesan. Di dalam Islam, larangan kita bergaul dengan orang yang berperilaku kufur dan jahat sangatlah ditekankan. Muslim dilarang bersahabat dengan orang yang tidak beriman. Juga adanya ketentuan dalam perkawinan, bahwa orang yang berperilaku buruk tentu akan menjadi pasangan hidup bagi yang fasik pula.

3. Hukum Pengharapan
“As you think, so you are.” Anda adalah hasil dari pemikiran anda sesuatu yang anda harapkan dengan penuh keyakinan akan berlangsung dengan lancar. Anak-anak kita akan hidup mengikuti harapan kita. Kalau anda memberitahu anak anda bahwa dia adalah anak yang pandai. Dia akan mencoba hidup mengikuti harapan anda, sebaliknya, kalau anda mengatakan kepada anak anda, “kamu sangat bodoh.” Dia pun akan hidup seperti orang bodoh yang anda harapkan. “Allah SWT sungguh akan mengikuti persangkaan hamba-hambanya”, demikian Al-Quran mengajarkan.

4. Hukum Vakum
Alam adalah Seimbang, jika terjadi vakum (kekosongan), dengan sendirinya dia akan terisi lagi untuk menjaga keseimbangan. Apabila kita sering memberi sedekah, banyak orang akan mendapat manfaatnya, dan juga, dan jangan lupa pada saat anda memberi orang sedekah, terjadi kevakuman dalam diri anda, dan itu akan cepat terisi. Sebagai contoh apabila anda membuka lemari pakaian, anda menemukan banyak baju lama yang sudah tidak terpakai lagi. Pada saat anda memutuskan untuk memberikannya kepada orang lain, maka tidak lama kemudian, lemari baju anda akan terisi dengan baju-baju baru lainnya. Mengapa ? karena anda telah menciptakan keadaan “vakum” untuk diisi oleh “baju-baju baru”. Ingat, alam sama sekali menolak kekosongan. Alam akan selalu akan menjaga keseimbangan. Didalam Islam, kekayaan wajib disucikan melalui sedekah, baik berupa zaqat, infaq maupun sedekah biasa. Hal itu merupakan manifestasi dari ketundukan manusia terhadap penciptaNya.

5. Hukum Getaran
Di dunia ini, semua makhluk hidup termasuk tumbuhan, mengeluarkan getarannya masing-masing. Pikiran manusia juga merupakan suatu jenis getaran. Orang sukses memiliki getaran orang sukses, sedangkan orang gagal memiliki getaran orang gagal. Kalau ingin sukses, anda harus meningkatkan pikiran anda ke tahap orang sukses, baru anda mencapai kesuksesan.
Sebagai contoh sebelum anda membeli mobil berwarna kuning emas, anda jarang memperhatikan bahwa mobil-mobil dengan warna ini ada di jalanan, tetapi bila anda telah memiliki mobil dengan warna itu, anda akan menemukan banyak sekali mobil yang berwarna demikian di jalanan. Demikian juga kalau anda ingin berpenghasilan Rp 100 juta sebulan, anda harus meningkatkan getaran anda ke tahap itu, agar anda seakan-akan bisa “melihat”, “merasakan” dan akhirnya memperolehnya.

Sumber :  Buku Muda Kaya Raya Mati Masuk Surga  Karangan : Hasyim Abdullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s